Alasan, Kenapa Sih Harus Jualan Online?

People photo created by lifeforstock - www.freepik.com

Masih sangat membekas, waktu awal-awal memulai karir di bisnis online, sering sekali saya bertanya, apa yang harus saya lakukan agar bisa mendapatkan penghasilan dari internet?

Setelah tanya sana-sini, browsing berbagai situs, hasilnya sama, cara paling masuk akal adalah dengan berjualan online.

Tetapi, saya masih tetap belum yakin, apakah iya jualan online itu menjanjikan dan benar-benar bisa menghasilkan? Dan apa yang bisa saya jual?

Maklum, jaman dulu yang namanya cari penghasilan lewat internet sering dianggap penipuan, dan relatif sulit untuk dilakukan. Mengingat teknologi pemanfaatan internet belumlah secanggih sekarang.

Apa Saja Yang Bisa Dijual?

Singkat cerita, saya mulai menemukan berbagai referensi tentang cara jualan online dan metode-metode yang bisa diterapkan. Dan ternyata kita bisa menjual hampir semua produk dan layanan pun di internet.

Sebut saja, jual rumah, tanah, mobil, perlengkapan komputer, handphone, produk herbal, atau produk fashion dan alat-alat kebutuhan rumah tangga yang sekarang jadi andalan para emak-emak. Di bidang jasa, ada yang jasa pasang AC, jasa pengeboran sumur, jasa rental mobil, dan masih banyak lagi.

Semua itu sekarang bisa dilakukan via online!

Fenomena Pergeseran Gaya Hidup

Jadi memang pegeseran gaya hidup dan gaya belanja masyarakat saat ini sudah banyak yang bergeser ke online.

Bahkan hari ini, kita sering mendapati orang-orang kaya baru yang bermunculan lewat jualan online. Dan tak jarang kita temui anak-anak yang masih muda, baru lulus kuliah, belum punya banyak pengalaman di dunia kerja, tetapi mendadak dapat penghasilan lumayan dan tidak kalah dengan orang-orang yang mungkin sudah bekerja dalam jangka waktu yang lama.

Terlebih dengan kebijakan WFH–Work From Home selama masa pandemi Covid-19 yang digaungkan oleh pemerintahan di berbagai negara, praktis hampir seluruh kegiatan bisnis dan usaha semuanya dilakukan lewat rumah.

Oleh karena itu, melakukan aktivitas jualan secara online menjadi salah satu alasan bagi pebisnis dan pengusaha untuk bisa survive dan sustainable.

Alasan & Manfaat Jualan Online

Nah, buat yang masih belum memanfaatkan internet untuk usahanya dan penasaran kenapa sih harus jualan online, berikut 5 alasan kenapa Anda harus mulai sesegera mungkin, dan kalau bisa saat ini juga.

Alasan 1: Perluasan

Sebagai permulaan, menjual secara online memungkinkan Anda memberikan layanan terbaik dengan jam kerja minimal. Waktu yang dihemat dengan e-commerce kemudian dapat diinvestasikan dalam mengembangkan bisnis Anda melalui penjualan dan pemasaran keluar, misalnya, yang akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan dalam jangka panjang.

Otomatiskan taktik penjualan

Hal hebat lainnya tentang memulai bisnis online adalah memungkinkan Anda mengotomatiskan cross-selling dan upselling, dan menerapkan pemesanan prediktif. Menggunakan taktik penjualan online ini berarti Anda dapat dengan cepat dan mudah memberi tahu pelanggan tentang produk terkait dan menciptakan kebutuhan baru untuk produk yang mungkin awalnya tidak mereka minati. Penelitian menunjukkan bahwa cross-selling dan upselling menghasilkan nilai pesanan yang lebih tinggi secara signifikan.

Alasan 2: Personalisasi

Perusahaan B2B yang sukses memberi klien mereka katalog produk yang dipersonalisasi dan harga yang sesuai dengan perjanjian perdagangan spesifik mereka. Namun, mencari tahu cara terbaik untuk mendekati jenis harga dan variasi khusus pelanggan ini bisa menjadi tantangan.

Berikan setiap klien apa yang mereka butuhkan

Cara modern dan ramah pelanggan untuk melakukan ini adalah dengan menciptakan lingkungan online untuk klien tempat mereka dapat mengakses riwayat pesanan pribadi dan harga unik mereka. Lingkungan seperti itu mudah diatur di toko web terintegrasi berdasarkan ERP Anda. Ini adalah solusi sederhana yang membuat perbedaan besar dalam memecahkan tantangan sehari-hari dengan cara yang efektif dan inovatif.

Toko web yang terintegrasi dengan ERP juga akan membantu Anda menerapkan strategi pemasaran yang dipersonalisasi. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik ini dan perannya dalam bisnis Anda, lihat entri blog kami tentang pemasaran konten yang dipersonalisasi, konten pintar, dan pemasaran email yang dipersonalisasi.

Alasan 3: Biaya dukungan lebih rendah

Portal penjualan online B2B menghemat uang bisnis Anda dengan berfungsi sebagai portal informasi bagi pelanggan.

Sistem e-niaga Anda dapat dengan mudah menjawab semua pertanyaan klien Anda tentang ukuran, warna, dan jumlah yang Anda miliki, serta pertanyaan tentang diskon massal khusus.

Dapatkan lebih banyak lagi dari ERP Anda

Ada baiknya juga menyiapkan sistem Anda untuk memberikan informasi terkait pertanyaan umum lainnya, seperti ketersediaan suku cadang produk dan permintaan pemeliharaan. Jika toko web Anda terintegrasi dengan ERP, Anda dapat menggunakan logika yang sudah ada secara langsung di toko web Anda.

Bayangkan semua waktu dan uang yang Anda hemat dengan tidak harus menjawab pertanyaan semacam ini melalui telepon atau email!

Alasan 4: Efisiensi dan akurasi

Apakah proses order Anda masih mengandalkan proses manual?

Kemudian perusahaan Anda menghabiskan banyak waktu dan uang yang tidak perlu untuk proses yang memakan waktu yang rentan terhadap kesalahan manusia. Meluncurkan toko online yang terintegrasi dengan sistem ERP Anda membuat pemrosesan pesanan berada di tangan tim penjualan Anda.

Memulai bisnis e-niaga sangat penting untuk sepenuhnya memaksimalkan potensi perwakilan penjualan Anda.

Berikan informasi kunci secara real-time

Ketika toko web Anda dibangun di dalam ERP Anda, itu dapat mentransfer data dengan mulus bolak-balik. Akibatnya, pesanan yang dilakukan di toko web Anda muncul secara otomatis di ERP Anda.

Ia bekerja sebaliknya juga. Pemesanan yang dilakukan di toko, melalui telepon, atau di lokasi juga langsung tersedia di toko online Anda. Jika ada di ERP, itu dapat tersedia di toko web Anda. Artinya, agen penjualan Anda dapat membuat dan menyimpan penawaran harga saat berbicara dengan klien melalui telepon. Klien kemudian dapat melihatnya, menyesuaikan, menyetujuinya, dan bahkan segera mengubahnya menjadi pesanan.

Ini tidak hanya menghemat waktu operasional perusahaan Anda, tetapi juga meningkatkan keandalan informasi pesanan, mengoptimalkan efisiensi departemen penjualan Anda, dan membuka jalan menuju layanan pelanggan yang lebih baik.

Alasan 5: Bisnis 24/7

Bisnis yang baik mengutamakan klien mereka, dan itu artinya klien Anda harus dapat melakukan pemesanan sesuka mereka – baik melalui telepon, faks, email, atau online. Tapi bukankah Anda juga ingin memberi pelanggan kesempatan untuk memesan kapan pun mereka mau?

Cara termudah untuk menyediakan layanan ini adalah dengan toko web. Ini akan memungkinkan perusahaan Anda untuk memberikan harga dan produk khusus pelanggan kapan saja, siang (atau malam), dan itu akan membuat bisnis Anda tersedia 24/7. Pengalaman dari pelanggan B2B kami menunjukkan bahwa mereka benar-benar menjual lebih banyak di luar jam kerja.

Melakukan penjualan Sepanjang Waktu – Studi Kasus

Sifat e-commerce 24/7 menguntungkan bisnis sama seperti klien. Pelican Rouge, merek Selecta dan pemasok kopi global yang melayani 7 juta pecinta kopi setiap hari, adalah contoh yang bagus untuk ini. Mereka menghubungi 40.000 pelanggan melalui telepon setiap bulan, dan mereka kehilangan banyak penjualan karena banyak pelanggan tidak dapat memesan selama jam kerja.

Namun, mereka melihat manfaat yang tak terhitung jumlahnya, segera setelah meluncurkan toko web terintegrasi mereka. Layanan 24/7 dan pemrosesan pesanan otomatis memungkinkan pelanggan memesan di luar jam kerja, dan bahkan pada akhir pekan. ERP mereka, Dynamics AX, menyediakan semua data produk dan menghitung biaya, sehingga akurasi pesanan terjamin.

Apa Selanjutnya?

Setelah membaca ini, Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan tentang bisnis online. Jenis investasi apa yang dibutuhkan untuk menjual secara online? Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Akankah pelanggan Anda memesan secara online??

Sumber daya e-niaga

Kami memiliki banyak sumber daya untuk membantu Anda mengatasi masalah ini dan mempelajari cara mulai menjual secara online. Anda bisa mulai dengan melihat artikel kami di B2B E-Commerce Myths (dan How to Get Past Them).

Kami juga memiliki banyak kisah sukses dari perusahaan yang telah melakukan lompatan dan bergabung dengan gerakan e-commerce. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang memulai atau membutuhkan beberapa saran, kami akan dengan senang hati membantu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *